Batik Nusantara

Selamat datang di Ana Blog's~
Disina kita bisa mendapat pengetahuan tentang batik,sejarahnya,cara pembuatannya,ragam motifnya,dll.

Kamis, 10 Desember 2009

Motif dan ornamen kain pada Dayak
Published by mujie at 10:10 pm under Budaya Dayak

Suku Dayak tidak mengenal lukisan maupun ukiran seperti layaknya ukiran dan lukisan pengukir dan pelukis dalam kesenian modern atau Eropa yang menggunakan media kanvas, cat dan kuas. Yang ada hanyalah motif yang terlukiskan pada pakaian adat, rumah, kumpang (sarung mandau), kain dan beberapa aksesori lainnya.

Nah, mengenai corak dan motifnya sendiri lebih kepada corak yang diinspirasi kepada alam, seperti matahari, tumbuh-tumbuhan, hewan bahkan manusia. Untuk corak dan motifnya sendiri saya batasi hanya untuk 3 propinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat yang tergambarkan diatas kain atau baju, dengan tujuan agar rekan-rekan tidak salah dalam melihat motif dan ornamen Dayak. Seperti contoh yang pernah saya dapati adalah adanya beberapa website daerah yang menggunakan ornamen atau corak dari suku Dayak lainnya diluar propinsi.

Berikut adalah ciri-ciri ornamen untuk masing-masing daerah (propinsi) :

Kalimantan Timur
Motif di Kalimantan Timur di dominasi oleh obyek matahari dan burung enggang. Warna dominan adalah warna kuning.

Kalimantan Tengah
Motif di Kalimantan Tengah di dominasi oleh obyek tumbuhan, pohon dan burung enggang. Warna dominan adalah warna hijau.

Kalimantan Barat
Motif di Kalimantan Barat di dominasi oleh obyek binatang dan manusia. Dominasi warna seimbang antara warna hijau dan kuning.

Tulisan diatas adalah rintisan, masukan, saran maupun data akan saya terima dengan senang hati, berhubung minimnya data yang saya punya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar